Cara jitu memperbaiki flashdisk, 100% work

Ketika kita mengetikan kata kunci cara memperbaiki flashdisk pada mesin pencarian, maka akan banyak artikel dengan berbagai judul, seperti "cara memperbaiki flashdisk tidak bisa diformat", atau cara memperbaiki flashdisk yang tidak terdeteksi. Dan kebanyakan artikel itu hanya memberikan informasi bagaimana mengatasi masalah flashdisk dari segi kerusakan software.
Pada postingan kali ini, saya akan sedikit share bagaimana memperbaiki flashdisk yang rusak, baik itu software maupun hardware nya.

Cek Fisik Flashdisk

Apakah ada kecacatan yang terlihat maupun yang tidak terlihat?, yang bisa diakibatkan karena ada benturan dengan benda keras lainnya. Coba bongkar flashdisk anda dan gunakan kaca pembesar untuk melihat papan circuit flashdisk anda karena kemungkinan patahnya papan circuit ataupun ada part lainnya yang terlepas.

cara memperbaiki flashdisk













Jika anda melihat ada part yang terlepas atau patah pada bagian konektor, anda bisa coba tips memperbaiki flashdisk seperti yang akan saya lakukan sekarang.
Sebelumnya siapkan bahan-bahan sebagai berikut :
  • Solder dan fluks
  • Kabel USB bekas ataupun masih baru juga tidak apa-apa
  • Pemotong kawat / Tang
  • Sebuah obeng kecil
  • Sebuah kaca pembesar 
Oke, jika semua sudah siap, kita melangkah pada tahap pertama. Potong kabel USB bekas yang masih ada pin Female nya untuk membuat koneksi baru pada flashdisk.
Kemudian kupas bagian luar kabel tersebut, dan biasanya ada 4 kabel didalamnya dengan 4 warna berbeda














Lalu sambungkan kabel-kabel tersebut pada konektor flashdisk anda dengan solder, dan jangan lupa gunakan Fluks agar tidak membakar part lainnya hingga bisa malah merusak flashdisk anda

Cara memperbaiki flashdisk
















Selesai deh, sekarang coba koneksikan pada komputer anda, apakah terdeteksi di komputer?, kalo masih belum, coba tips berikutnya.
Setelah flashdisk dimasukan kedalam socket, masuk ke control panel lalu pilih Administrative tools --> Management computer--> lau pilih Disk management lalu format flashdisk anda.


Sekian cara memperbaiki flashdisk, semoga bermanfaat.
Jika masih ada pertanyaan silakan gunakan kolom komentar, Terima kasih

0 Responses to “Cara jitu memperbaiki flashdisk, 100% work”