Cara mengatasi atau memperbaiki blue screen pada komputer

Assalammualaikum, Hallo semuanya !, kali ini saya akan sedikit mengulas Cara mengatasi blue screen of death (BSOD), namun sebelumnya kita harus tahu apa dan mengapa blue screen bisa terjadi
Blue screen selalu terjadi tiba-tiba pada komputer kita, dimana pada layar monitor akan muncul tampilan berlatar biru dan terdapat kode-kode yang menunjukan apa yang terjadi pada komputer anda sehingga dengan terpaksa blue screen harus muncul.

Biasanya blue screen terjadi karena beberapa faktor, diantaranya ada kerusakan pada hardware maupun ada kesalahan dari registry. Contoh kecil saat anda coba mengupgrade windows anda.


Bagaimana cara mengatasi Blue Screen of Death ?


Cek hardware dan software


Yang pertama yang harus anda lakukan adalah coba ingat kembali, apa yang anda install sebelum blue screen terjadi?, mungkin saja sebelumnya anda menginstall program yang tidak cocok dengan spesifikasi komputer anda. Program yang terlalu berat misalnya. Atau mungkin anda coba mengupdate driver, Ataupun mungkin anda telah memasang salah satu part / hardware baru pada komputer anda?, bisa saja ini terjadi karena tidak adanya support dari hardware baru yang anda pasang.

Jika hal tersebut telah anda lakukan, silakan uninstall program tersebut dan restart. Kemudian lakukan Startup menggunakan Last Known Good Configuration untuk membatalkan registry dan driver pada perubahan sebelumnya .Gunakan System Restore untuk membatalkan perubahan sistem terbaru. Dan Kembalikan driver perangkat ke versi sebelum update driver Anda.
Dan bila anda telah memasang hardware baru, pastikan hardware tersebut cocok dengan motherboard komputer anda.

Scan dengan antivirus

Salah satu cara mengatasi blue screen adalah dengan Scan dengan antivrus

Beberapa virus komputer ada juga yang menyebabkan Blue screen terutama yang menginfeksi master boot record (MBR) atau boot sector, maka segeralah anda update antivirus anda dan scan komputer anda
Kembalikan Pengaturan perangkat keras komputer anda ke posisi default di Device Manager. Kecuali Anda memiliki alasan khusus untuk melakukannya, jangan lupa Kembalikan pengaturan BIOS ke posisi default. tindakan overclock atau mengkonfigurasi BIOS dapat menyebabkan segala macam masalah, termasuk BSOD.


Pastikan semua intern kabel, kartu, dan komponen lainnya terpasang dengan benar. Hardware yang tidak tepat pada posisinya dapat menyebabkan Blue Screen of Death.
Jika semua yang diatas telah anda lakukan namun tidak meunjukan keberhasilan, silakan bawa saja pada ahlinya.

Demikian cara mengatasi blue screen, semoga bermanfaat