Cara membuat bootable flashdisk

Anda mungkin pernah membaca cara install windows 7 atau windows 8 dengan menggunakan flashdisk, namun apakah ada tahu cara membuat bootable flashdisk untuk install windows tersebut?. Kali ini saya akan sedikit share bagaimana cara membuat flashdisk menjadi bootable

Langkah demi Langkah Panduan untuk Membuat USB Drive Bootable

1. Hal pertama yang pertama-Untuk mulai dengan proses ini, pertama-tama Anda perlu mencari tahu apakah komputer Anda support menggunakan USB drive bootable? Dan  memiliki kemampuan booting ke drive USB. Jika komputer Anda memiliki sistem lama, mungkin tidak memiliki fitur ini. Komputer terbaru dibangun sejak Windows Vista dirilis yang pada dasarnya mampu booting pada perangkat USB.

2. Meskipun demikian, untuk menentukan apakah PC Anda mampu atau tidak untuk booting ke perangkat USB, dengan mengakses BIOS sistem Anda.

3. Ada banyak cara untuk memasuki BIO sistem. Cara untuk masuk bios bervariasi dari sistem ke sistem tergantung produsen BIOS. Namun jika Anda komputer diproduksi dalam beberapa tahun terakhir ini, untuk masuk ke BIOS dengan menekan salah satu dari lima kunci: F1, F2, DEL, ESC atau F10. Namun, jika PC Anda sudah tua sebelum tahun 1995, Anda dapat mencoba memukul tombol ini untuk masuk ke BIOS mengatur: CTRL + ALT + ESC, CTRL + ALT + ENTER 

4. Setelah Anda berhasil masuk ke BIOS dari komputer Anda, Anda akan melihat layar biru. Periksa daftar perangkat bootable. Jika perangkat USB terdaftar, hanya memindahkan USB drive Anda pada posisi paling atas untuk membuatnya menjadi perangkat yang di boot pertama kali.

5. Untuk membuat bootable drive USB untuk Windows 7 atau 8, pastikan Anda memiliki file master / ISO Windows 7 atau 8 yanga akan diinstal pada komputer Anda.

6. Selain itu, pastikan Anda memiliki flash drive minimal 4 gigabyte. Hal ini diperlukan untuk menyimpan semua file yang diperlukan.

7. Sekarang masukan flashdisk ke port USB dan buat backup data flashdisk anda karena flashdisk akan di format.

8. Setelah Anda membuat backup file, sekarang klik start dan dalam jenis kotak pencarian 'cmd' untuk membuka jendela baris perintah. Setelah mengetikkan 'cmd' perintah Tekan CTRL -Shift -Enter. Cara lain untuk membuka ditinggikan baris perintah jendela adalah dengan mengklik menu start, pergi ke semua program aksesori dan kemudian klik kanan pada command prompt item menu. Setelah mengklik pilih Run as Administrator.

9. Ketikkan typecd c: windowssystem32. Hal ini akan mengubah direktori ke sistem 32 direktori Windows.

10. Sekarang untuk sampai ke langkah berikutnya menciptakan bootable USB drive, ketik DISKPART dan tekan enter. Kemudian lagi ketik LIST DISK dan tekan enter. Perintah DiskPart pada dasarnya adalah perintah konsol pemulihan. Hal ini memungkinkan Anda, pengguna, untuk menghapus dan membuat partisi pada komputer Anda tanpa kerumitan.

11. Setelah Anda tipe LIST DISK dan tekan enter, Anda akan melihat daftar disk drive yang terhubung ke PC Anda.

12. Cari nomor disk USB drive Anda. Untuk ini, Anda akan harus mengetikkan SELECT DISK [USB harddisk #].

13. Sekarang ketik perintah berikut seperti tercantum di bawah satu per satu. Tekan enter setelah mengetik setiap perintah. Berikut adalah perintah:
CLEAN
CREATE PARTITION PRIMARY
SELECT PARTITION 1
ACTIVE
FORMAT FS=NTFS (This may take a few minutes, depending on your system's USB drive size)
ASSIGN
EXIT
FORMAT FS = NTFS (Ini mungkin memakan waktu beberapa menit, tergantung pada ukuran sistem USB drive)
ASSIGN
EXIT

15. Sekarang pergi ke start menu, klik pada My Computer. Catatan yang drive ditugaskan untuk Anda USB flash drive dan DVD drive.

16. Setelah itu, kembali ke jendela command prompt. ketik D: CD BOOT dan tekan enter.

17. Kemudian ketik CD BOOT dan tekan enter lagi.

18. Di sini Anda hampir melalui dengan booting tekan. Yang perlu Anda lakukan adalah mengetikkan bootsect. EXE / NT60 H: (perintah ini adalah untuk menggantikan huruf USB flash drive untuk H jika diperlukan) dan tekan enter.

19. Sekarang copy semua isi DVD Instalasi Windows untuk USB flash drive Anda.

Daann selesai, kini anda tahu cara membuat flashdisk bootable untuk install windows
baca juga cara install windows 10

Semoga bermanfaat

0 Responses to “Cara membuat bootable flashdisk”