Mengapa anjing memiringkan kepala mereka ketika kita berbicara?

Ada beberapa teori tentang apa di balik sikap anjing menggemaskan ini.
Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ketika anjing Anda mendengar suara aneh atau ketika Anda bertanya apakah ia ingin berjalan-jalan, ia memiringkan kepalanya ke samping yang sepertinya mengatakan, "Aku mendengarkan," tapi apa yang sebenarnya terjadi ketika kepala anjing 'miring dalam menanggapi suara?
Berikut adalah penjelasan beberapa kemungkinan.

 
Mereka mencoba untuk mendengar lebih baik
Anjing memiliki penutup telinga bergerak yang membantu mereka menemukan sumber suara, tetapi mereka juga memiliki otak yang dapat menghitung perbedaan waktu antara suara mencapai telinga masing-masing. Perubahan kecil dalam posisi kepala anjing menyediakan informasi tambahan yang anjing dapat digunakan untuk menilai jarak suara ini.
Pada dasarnya, memiringkan kepala dapat membantu hewan lebih akurat menemukan lokasi dan jarak suara.

 
Mereka mencoba untuk memahami kita
Menurut Steven R. Lindsay dalam "Handbook of Applied Dog Perilaku dan Pelatihan," ketika anjing mendengarkan suara Anda, dia mencoba untuk mengidentifikasi kata-kata yang akrab atau nada yang berhubungan dengan ajakan/hadiah, seperti pergi berjalan-jalan 
Otot-otot telinga tengah anjing dikendalikan oleh bagian otak yang juga bertanggung jawab untuk ekspresi wajah dan gerakan kepala, jadi ketika anjing memiringkan kepalanya, dia mencoba untuk memahami apa yang Anda katakan, serta berkomunikasi dengan Anda bahwa dia mendengarkan .
 
Mereka tidak bisa melihat wajah kita dengan mudah
Dalam upaya untuk memahami kita, anjing tidak hanya menggunakan kata-kata kita, tetapi juga ekspresi wajah, bahasa tubuh dan gerakan mata. Karena itu, penting bagi mereka untuk melihat wajah kita, jadimenurut  Dr Stanley Corren alasan bahwa ketika anjing memiringkan kepala mereka mereka berusaha untuk melihat kita lebih baik.
 
Dia mengatakan bahwa anjing dengan moncong panjang mengalami kesulitan melihat seluruh wajah seseorang 
Corren menunjukkan bahwa anjing dapat memiringkan kepala mereka untuk melihat mulut pembicara dan membantu dalam memahami apa yang sedang dikomunikasikan.
Ia berhipotesis bahwa anjing dengan wajah datar, seperti pugs, Boston terrier dan Peking, mungkin memiringkan kepala mereka kurang karena mereka tidak harus mengkompensasi moncong yang menonjol.
Corren melakukan survei internet untuk menguji teorinya. Dari 582 peserta, 186 memiliki anjing dengan kepala datar. Tujuh puluh satu persen orang dengan anjing besar-moncong melaporkan bahwa anjing mereka sering miring kepala mereka ketika berbicara, sementara 52 persen dengan anjing kepala datar melaporkan sering memiringkan kepalanya.