Cara Diagnosa kerusakan Harddisk & Cara memperbaiki haddisk yang matot

Diagnosa kerusakan Harddisk & Cara memperbaiki haddisk yang matot


Beberapa tahun yang lalu, saya mengalami kerusakan Harddisk . saya sedang bekerja menggunakan laptop lalu ketika laptop tiba-tiba laptop saya mulai Hang, saya pikir itu karena saya terlalu banyak membuka program dan mungkin RAM nya overload, tapi ternyata ketika saya reboot, laptop saya tidak menunjukkan gejala yang lebih baik... Ahh.. sial, itu pasti harddisk saya yang mati tapi untunglah saya mempunyai back-upnya.

Dengan sedikit kesal, saya mulai browsing bagaimana cara memperbaiki harddisk yang mati / Matot, namun hanya sedikit informasi yang bisa membantu saya. 

Nah mungkin pengalaman saya ini memberi sedikit membantu Anda atau setidaknya memberikan beberapa harapan, bagaimana saya mendiagnosa dan Memperbaiki hard disk, baik itu harddisk internal ataupun  cara memperbaiki hardisk eksternal.

Ada banyak kerusakan dalam harddisk, baik itu hardware / rusak fisik ataupun rusak secara software.
Berikut saya ulas cara mendiagnosa kerusakan harddisk

Periksa, apakah Harddisk anda terpasang dengan benar?




baik itu power ataupun data apakah sudah terpasang dengan benar?
Sebelum Anda membuka perangkat keras, pastikan untuk membuang listrik statis tubuh Anda, yaitu tanah sendiri (gunakan saja Sandal jepit :) . Lepaskan hard disk dari casing dan periksa kabel-kabelnya, mungkin ada kerusakan pada kabel atau kalau harddisknya external mungkin socket pada cassing ada yang berkarat/rusak


Dengarkan suara putaran Harddisk.

Nyalakan laptop anda, dan dengarkan suara putaran harddisk untuk meyakinkan  apakah harddik itu benar-benar mati? Atau apakah masih berputar?. Jika terdengar tidak berputar, kerusakannya ada pada papan circuitnya.

cara memperbaiki harddik eksternal

Apakah Harddisk anda terdeteksi?

Kadang-kadang, Anda dapat mendengar harddisk  anda berputar  , tapi tidak terdeteksi di laptop anda. Anda dapat mendiagnosa melalui BIOS coba reset laptop anda, masuk ke BIOS dengan menekan tombol pemicu, yang bisa [DEL], [ESC], [F2], atau [F10], tergantung pada pembuat BIOS, masuk menu yang tersedia untuk menemukan di mana list harddik anda berada . Biasanya informasi ini ditemukan di bawah menu Advanced.

 

Periksa Apakah Printed Circuit Board Patah?


Seperti disebutkan sebelumnya, drive Anda bisa rusak secara internal maupun eksternal. PCB eksternal, jika rusak, relatif mudah untuk mengganti. Namun, spesialis pemulihan data memperingatkan bahwa swapping PCB dapat merusak drive dan menyebabkan Anda kehilangan semua data di dalamnya. Jadi jika Anda peduli tentang data Anda, lebih baik anda sedikit hati-hati dalam melakukannya., bahkan jika Anda dapat melihat bahwa PCB Anda rusak, mungkin masih ada kerusakan dalam. Selain itu, seperti yang disebutkan di atas, menggantikan papan sirkuit sendiri dapat merusak drive Anda lebih lanjut, yang mengurangi peluang Anda untuk memulihkan data Anda. Mungkin video berikut dapat membantu bagaimana cara memperbaiki PCB harddisk



Jika anda tidak yakin dengan itu, lebih baik anda menghubungi ahlinya yang bisa merecovery data anda.
SEMOGA BERMANFAAT